‘ANALISA FILM THE KING’S SPEECH BERDASARKAN KODE ETIK APA’



Dalam film the king’s speech ini, kami dapat menyimpulkan beberapa kejadian dan mencoba mengkaitkannya dengan APA. Kejadian tersebut, antara lain:
1.       Metode yang digunakan psikolog pertama yang menggunakan 7 balok es didalam mulut pasien, masih dirasa kurang tepat karena masih menggunakan cara tradisonal. Dalam film ini, cara ini hampir membahayakan pasien.
·         Hal ini tidak sesuai dengan General APA prinsip A yang mengatakan bahwa psikolog bertanggung jawab untuk meminimalisir bahaya karena melakukan penelitian terhadap objek tertantu. Psikolog berusaha memberikan manfaat bagi siapapun yang membantu dan berkerja sama dengannya. Psikolog seharusnya mengerti keadaan fisik dan metal diri sendiri untuk lebih memaksimalkan pekerjaan. 

2.       Dalam film ini, Lionel tidak membeda-bedakan status pasien. Contohnya saja, ketika seorang calon raja datang tetapi ia tidak mengetahui status yang sebenarnya, dia menyuruh calon raja untuk mematuhi peraturan yang berlakuditempat perakteknya. Tetapi setelah ia mengetahui bahwa pasien tersebut memiliki status yang lebih tinggi psikolog tetap memperlakukannya seperti pasien yang lain.
·         Hal ini sesuai dengan APA standart 3 hubungan manusia tentang deskriminasi yang menyebutkan dalam aktivitas kerja psikolog tidak melakukan deskriminasi besrdasarkan umum, jenis kelamin, indentitas jenis kelamin, ras, etnis, budaya, asal usul kebangsaan, agama, orientasi seksual, keterbatasan, status sosial ekonomi, atau hal apapun yang dilarang hukum.

3.       Dalam film ini, Lionel hampir saja memberi tahukan tentang kasus pasien  kepada istrinya saat makan malam. Ia bilang kepada istrinya bahwa ada orang penting yang sekarang sedang ditanggani kasusnya. Meskipun pada akhirnya istrinya tidak juga mengetahui dan dia tetap dapat menjaga rahasia.
·         Hal ini sesuai dengan APA standart 4 privasi dan kerahasiaan tentang menjaga kerahasiaan yang menyebutkan bahwa psikolog mempunyai kewajiban utama dan mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi informasi rahasia yang diperoleh melalui atau disimpan dalam media apapun.
·         Psikolog tidak mengungkapkan rahasia atau data pribadi yang diperoleh selama waktu kerja mereka mengenai klien atau pasien kepada orang lain.

4.       Dalam film ini, Lionel membuat nyaman pasien dengan menganggapnya sebagai sehabat sehingga ia dapat lebih terbuka atas apa yang sedang dialaminya. Ia juga memberikan sarana dan prasarana yang juga memdukung hal ini. Lionel juga memberikan pelayanan atau terapi yang tepat bagi pasien sehingga dengan berjalannya waktu permasalahan yang dialami oleh pasien dapat terselesaikan.
·         Hal ini sesuai dengan kode etik APA prinsip B tentang kesetiaan dan tanggungjawab yang menyebutkan bahwa psikolog membangun hubungan baik yang penuh kepercayaan dengan orang yang bekerja dengan mereka. Mereka sadar akan tanggungjawab profesiona dan ilmiah mereka pada masyarakat dan untuk masyarakat tertentu tempat mereka bekerja. Psikolog menerima tanggung jawab yang tepat untuk perilaku mereka dan berusaha untuk mengelola konflik yang dapat mengarah ke ekspoilasi atau kerusakan.

5.       Dalam memberikan terapi Lionel tidak memberi tahukan efek atau manfaat apa saja yang terjadi jika Arthur melakukan atau mengikuti terapi yang diberikan.
·         Hal ini tidak sesuai dengan kode etik APA standart 10 terapi tentang informed consent untuk terapi yang menyebutkan bahwa ketika memperoleh informed consent untuk terapi seperti yang diharuskan dalam standart 3,10, psikolog menginformasikan kepada klien atau pasien sedini mungkin dalam hubungan terapi mengenai sifat dan program terapi yang diharapkan, biaya, keterlibatan pihak ketiga, terbatas kerahasiaan dan memberikan kesempatan yang cukup bagi klien atau pasien untuk bertanya dan menerima jawaban. Psikolog berusaha mengkontribusikan porsi waktu profesional mereka untuk sedikit atau tanpa konpensasi atau keuntungan pribadi.

6.       Pada akhirnya, Arthur mengetahui bahwa Lionel bukanlah seorang dokter atau psikologi, tetapi hanya seorang ahli terapi perang. Dari awal, Lionel memang berkata bahwa ia tidak berkenan dipanggil dokter oleh siapapun. Hanya saja Arthur dan istrinya yang menganggapnya sebagai dokter. Tetapi Lionel juga tidak mengklarifikasi tentang kebenaran statusnya.
·         Hal ini tidak sesuai dengan standart 5 pemasangan iklan dan penyataan publik lainnya tentang menghindari penyataan palsu atau menipu, yang menyatakan bahwa psikolog tidak memalsukan, menipu atau membuat pernyataan palsu tentang:
1)      Pelatihan, pengalaman, atau kompetensi
2)      Gelar akademik
3)      Identitas mereka
4)      Institusi atau asosiasi afiliasi mereka
5)      Layanan mereka
6)      Hasil atau tingkat kesuksesan dari layanan
7)      Biaya atau bayaran mereka
8)      Publikasi atau temuan penelitian mereka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Teori Kepribadian Psikoanalisa (Freud) dengan Teori Kepribadian Lainnya

Analisis Ciri, Sifat dan Karakter Hendy Setiono (Pengusaha Kebab Turki)

Apa yang membuat orang lupa dan mengingat?